Jumat, 29 Oktober 2010

Tracert

Traceroute atau Tracert ( pada windows ) merupakan salah satu cara untuk menganalisa jaringankomputer yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di Internet atau jaringan komputer.  Mungkin anda pernah mengakses blog/situs yang lama sekali diaksesnya nah sebelum anda memberikan saran kepada pemilik blog/situs sebaiknya anda menganalisa terlebih dulu jaringan komputer yang anda gunakan melalui traceroute ini.
Secara mudahnya jika menggunakan sistem operasi windows XP, Tracert ( Windows ) bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi tracert.exe melalui commad prompt. Coba klik start-pilih run-dan ketikkancmd, kemudian ketikan saja tracert namablog contohnya tracert deka.web.id. Nanti proses  rute perjalanan data sebelum sampai ke blog/situs akan terlihat jelas disini IP address, Gateway, ISP provider, dsbnya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.
cmd
Tampilan yang akan terlihat
command prompt
Dari hasil tracert inilah, anda dapat menganalisa jaringan komputer yang anda gunakan. Yang perlu anda perhatikan disini
  1. Hops atau lompatan, loncatan atau perpindahan data. semakin sedikt hops semakin baik. Hops ini akan terlihat berdasarkan urutan angka 1,2,3,dst
  2. Waktu biasanya dalam satuan ms ( milisecond ), semakin kecil waktu perpindahan data maka akan semakin baik.
Jika anda melihat pada hasil tracert ada ” * ” atau pesan ” request timed out ” seperti gambat berikut, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda.
Timed Out
Jujur saja saya sedikit kesulitan bagaimana mau menjelaskan tentang ini karena banyak sekali kaitannya dengan dasar pemahaman jaringan komputer Makanya pada postingan sebelumnya saya sengaja membuat proses tracert ini terlihat lebih mudah dipahami dengan postingan yang berjudul jalan-jalan. buat yang tidak terlalu mengerti tentang jaringan komputer dan hal-hal teknis nya akan sangat mudah pahami.
Jika seandainya anda tertarik untuk men-tracert blog atau situs yang anda gunakan, anda dapat menggunakan salah satu software yang mudah di pahami dengan tampilan visual seperti pada postingan jalan-jalan yaitu visualroute. Versi trialnya bisa anda download di visualroute.visualware.com atau langsung disini. Aplikasi ini membutuhkan Java sebelum bisa menjalankannya, tapi tenang saja akan otomatis diinstall ketika anda menginstall visualroute ini. Semoga bermanfaat 
Fungsi tracert untuk menganalisa jaringan komputer yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di Internet atau jaringan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar